Sabtu, 07 April 2012

Handphone Ikut Dipopulerkan Oleh Polisi


Ternyata, handphone sudah mulai dikenal di Amerika dan Eropa sejak sekitar tahun 1947. Dan sebenarnya, cikal bakal handphone sudah mulai dirancang oleh orang Swedia yang bernama Lars Magnus Ericsson di tahun 1910. 

Orang ini kemudian dikenal sebagai pendiri perusahaan perangkat komunikasi Ericsson dan sekarang perusahaan itu bergabung dengan pabrik elektronika asal Jepang bernama Sony. Gabungan dari dua perusahaan itu kemudian menghasilkan produk bermerek Sony-Ericsson.

Cikal bakal handphone ini kemudian dikembangkan oleh kepolisian Michigan di Amerika pada tahun 1921. Waktu itu semua mobil polisi di wilayah tersebut dipasang alat komunikasi yang berbasis frekuensi gelombang radio.

Dikembangkannya HP kemudian dijadikan peluang bisnis. Di akhir tahun 1960-an, alat komunikasi ini dikembangkan sebagai produk komersial. Di awal tahun 1970-an, Motorola, mulai mengenalkan telepon genggam komersial yang waktu itu ukurannya satu koper dan masih dilengkapi antena pendek. Makin ke sini, ukurannya diperkecil, dan terus diperkecil.

Pada pertengahan tahun 1990-an, teknologi ini mulai masuk Indonesia. Awalnya, telepon genggam yang masuk Indonesia itu ukurannya sebesar telepon rumah. Tapi kemudian diperkecil terus, dan sekarang kita bisa melihat handphone sebesar telapak tangan bayi.

Mulanya, handphone juga hanya bisa digunakan untuk berbicara. Setelah itu teknologinya berkembang dan handphone terus dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain seperti kamera, radio, pemutar rekaman suara, dan sebagainya

Ditulis Oleh : Bayu Terserah // 08.08
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baiknya bila Anda memberi Komentar di Blog Saya, agar saya mengetahuai apa yang harus Saya perbaiki di Blog saya. Terima Kasih :)