Rabu, 30 Mei 2012

Mesin Parkir Tercipta Penuh Kontroversi

Tanggal 13 Mei 2011 tercatat sebagai ulang tahun ke-76 penemuan mesin parkir. Sebagian pihak menyebutkan temuan ini sebagai momen berharga, tapi sebagian lain menyebutnya tidak. Kalangan yang tidak bersedia menyebut temuan berharga, hanya menyebutkan mesin pengontrol parkir kendaraan sebagai temuan berguna.

Dari penyebutan ini member gambaran bahwa sebenarnya mesin kontrol parkir kendaraan ini lahir dengan kontroversi. Ada pihak yang senang dengan adanya parkir berbayar yang diatur mesin, tapi ada pula yang tidak senang. Hingga saat ini pun kontroversi seperti ini masih terjadi, bahkan berkembang ke banyak persoalan lain.

Carl C Magee adalah tokoh yang dinobatkan sebagai pembuat mesin kontrol parkir berbayar pertama di dunia. Dia mulai mematenkan mesin tersebut pada bulan Mei tahun 1935. Waktu itu, sebenarnya mesin bekerja untuk menghitung waktu parkir yang kemudian dikonversi dengan jumlah uang yang harus dibayar.

Kelahiran mesin ini didorong oleh lonjakan ekonomi di Amerika yang terjadi tahun 1920-an. Kondisi tersebut menjadikan penjualan mobil melonjak drastic dan menjadikan jalan raya padat kendaraan. Dampak berikutnya adalah lokasi parkir yang selalu jadi persoalan, terutama di pusat-pusat keramaian.

Situasi ini membuat pemerintah lokal Oklahoma berpikir untuk membuat sistem parkir yang memudahkan pengguna mobil. Saat itu para pemilik toko di jalan-jalan utama banyak protes karena penjualannya menurun. Lahan parkir yang sejatinya disediakan untuk para pengunjung toko, banyak ditempati para pegawai kantoran yang seharian memarkir kendaraan di sepanjang jalan.

Sebagai warga Oklahoma, Magee yang juga pendiri koran Oklahoma News meminta sponsor dari para pemilik toko untuk membuat kontes mengatasi persoalan parkir. Kontes ini merangkul Universitas Oklahoma, supaya para mahasiswa bisa ikut jadi pesertanya. Para peserta kontes diminta membuat mesin yang bisa memecahkan persoalan parkir. Pada prinsipnya, mesin itu harus bisa menghitung waktu parkir untuk kemudian dikonversikan ke dalam nilai uang.

Kontes pun melahirkan juara. Mesin yang dinamai Black Maria keluar sebagai pemenangnya. Mesin ini sebenarnya merupakan penyempurnaan dari mesin yang pernah dibuat Magee tahun 1932. Yang menyempurnakannya bernama Gerald H Hale. Kemudian mesin bernama Black Maria ini dipatenkan oleh Magee pada 13 Mei 1935. Bersama Hale, Magee kemudian membuat perusahaan pengelola jasa parkir bernama Magee-Hal Park-O-Meter Company. Inilah perusahaan pengelola jasa parkir pertama di dunia.

Pada Juli 1935, Magee kemudian terpilih sebagai ketua Komite Lalu Lintas Kamar Dagang dan Industri Oklahoma. Dia mendapat tugas dari pemerintahan lokal untuk mengelola parkir di kawasan downtown Oklahoma. Kemudian dengan tugas itu, pada 16 Juli 1935, dia pasang mesin parkir rancangannya bersama Hale di wilayah tersebut.

Pemasangan ini kemudian diikuti oleh perusahaan lain di beberapa kota di Amerika. Perusahaan itu antara lain Dual Parking Meter Company, juga Mark-Time and Duncan-Miller. Menurut situs autoevolution.com, tiket parkir yang dikeluarkan oleh mesin buatan Magee itu dituntut oleh pengguna kendaraan ke pengadilan.

Penuntut mengganggap bahwa tiket parkir itu ilegal karena bertentangan dengan aturan tentang ruang publik. Masalahnya, ruang yang dipakai untuk memarkir kendaraan adalah ruang publik, yang semestinya bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat. Ini adalah kontroversi lain yang mengiringi kelahiran sistem parkir.

Dari sini kemudian para pemerintah lokal di Amerika membuat aturan-aturan untuk membuat pungutan parkir menjadi resmi. Di tahun 1944, pendapatan dari sektor perparkiran di seluruh Amerika mencapai 40 juta dolar AS setiap tahun. Di tahun itu memang sudah sekitar 140 ribu organisasi pengelola parkir berkembang di seluruh wilayah Amerika.

Pada masa berikutnya, parkir kemudian menjadi bisnis besar yang sangat menjanjikan. Tidak hanya di Amerika, bisnis ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. Beberapa perusahaan parkir pun kemudian berkembang menjadi perusahaan multinational.

Ditulis Oleh : Unknown // 10.57
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baiknya bila Anda memberi Komentar di Blog Saya, agar saya mengetahuai apa yang harus Saya perbaiki di Blog saya. Terima Kasih :)