Rabu, 30 Mei 2012

Dari Ceska Nama Dollar Berasal


Dollar jadi mata uang yang sangat menentukan dalam berbagai perdagangan dunia. Banyak sekali negara menggunakan mata uang yang satu ini. Ada dollar Amerika, dollar Singapura, dollar Australia, dollar Hong Kong, dollar Brunei, juga dollar Selandia Baru. Dollar Amerika memiliki peran paling kuat dalam perdagangan dunia dibanding dollar yang lain.

Mata yang yang satu ini punya sejarah yang lebih panjang dibanding sejarah kemerdekaan Amerika Serikat. Dollar mulai dipakai sebagai alat transaksi sejak tahun 1519. Saat itu, mata uangnya masih berupa koin logam, belum berupa lembaran uang kertas.

Amerika bukan menjadi negara pertama yang menggunakan mata uang dollar. Berdasar penelusuran projects.exeter.ac.uk, mata yang yang satu ini untuk pertama kalinya berkembang di negara-negara Eropa timur seperti Hungaria, Austria, Ceska, dan sekitarnya.

Ceska memiliki makna yang sangat penting bagi kelahiran dollar. Nama mata uang tersebut tidak bisa dilepaskan dengan nama salah satu wilayah di pinggiran Ceska, Joachimsthaler. Dari sinilah nama dollar diambil. Kata dollar berasal dari kata thaler (dibaca taler dengan a dibaca panjang). Thaler merupakan bagian belakang dari Joachimthaler.

Ratu Maria Theresa yang menguasai wilayah Austria dan sekitarnya (1740-1780) memiliki peran yang sangat penting dalam mempopulerkan dollar. Di masa kekuasannya ini, dollar menjadi semakin populer digunakan di Eropa. German termasuk wilayah yang dulu pernah menggunakan mata uang ini.

Dari Eropa, pasukan Inggris yang menduduki wilayah Amerika utara (sekarang Amerika Serikat) membawa mata uang yang satu ini. Sejak saat itulah mata uang dollar menjadi semakin populer di Amerika.

Hampir bersamaan dengan itu dolar juga mulai digunakan di wilayah Skandinavia pada tahun 1871.

Sebelumnya, negara-negara di wilayah ini menggunakan mata uang krona, yang diadopsi dari kata crown yang berarti mahkota. Namun, dalam perkembangannya, dollar tidak lantas bertambah populer di wilayah ini.

Negara lain yang juga sempat menggunakan mata uang dollar adalah Swedia dan Denmark. Swedia mulai menggunakan dollar pada tahun 1534, dan Denmark mulai menggunakannya tahun 1544. Kedua negara ini sempat membangun kerajaan bersama hingga Perang Napoleon.

Dua kali perang dunia member efek yang sangat besar bagi penggunaan mata uang dollar di dunia. Setelah itu, banyak negara yang kemudian mengganti mata uangnya sesuai khazanah kebudayaan dan perekonomian setempat.

Penyatuan mata uang negara-negara Eropa menjadi euro menjadi catatan tersendiri bagi penggunaan dollar dalam perdagangan dunia. Euro menjadi mata uang alternatif bagi negara-negara yang enggan menggunakan dollar dalam perdagangan internasional.

Ditulis Oleh : Unknown // 10.51
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baiknya bila Anda memberi Komentar di Blog Saya, agar saya mengetahuai apa yang harus Saya perbaiki di Blog saya. Terima Kasih :)