Kamis, 29 Maret 2012

Sejarah Panjang Tradisi Tato



Panjang sekali perjalanan seni tato. Para ahli sejarah meyakini bahwa tato mulai dikenal 3.300 tahun sebelum masehi. Namun mummy tertua bertato yang ditemukan di Mesir berasal dari era 2.000 tahun sebelum masehi. Mummmy ini berasal dari bangsa Mesir Kuno dan Nubian. Situs internet Michigan State University Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa di tradisi tato ini juga terkait dengan tradisi bangsa Yunani, Jerman kuno, Thracians, Gauls, dan Britania kuno.

Di masa lalu, Tato juga dikaitkan dengan status sosial. Makin tinggi status sosialnya, makin bagus tato yang dimilikinya. Selain itu, tato di sebagian tradisi juga menjadi alat untuk memperbaiki penampilan.

Dalam perkembangannya, tato dipopulerkan oleh bangsa Eropa setelah mereka kontak dengan bangsa Polynesia dan Indian Amerika. Kata tato berasal dari istilah Tahiti 'tattau' yang berarti 'untuk menandai'. Istilah ini terekam dalam ekspedisi James Cook tahun 1769 ke Pasifik selatan.

Pada Oktober 1991, mummy berusia ribuan tahun ditemukan di pegunungan es antara Austria dan Italia. Tubuhnya membeku, dan penemuan ini menjadi headline beberapa media di dunia. Mummy yang merupakan seorang pria ini diduga meninggal saat hendak pulang ke rumah akibat badai salju. Mummy itu ditemukan bersama pakaian, panah, busur, serta pemantik api.

Inilah kisah tentang tato yang ternyata sudah dimulai dari ribuan tahun yang lalu. Makin hari, variasi tato juga makin beragam. Ada tato yang dibuat secara permanen, tapi ada pula tato yang hanya sementara. Kalau dulu, tato dianggap sebagai simbol status sosial, saat ini sebagian kalangan menganggap tato identik dengan kenakalan.

Ditulis Oleh : Bayu Terserah // 21.19
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baiknya bila Anda memberi Komentar di Blog Saya, agar saya mengetahuai apa yang harus Saya perbaiki di Blog saya. Terima Kasih :)