Kamis, 29 Maret 2012

Pizza, Ternyata Bukan Dari Italia



Selama ini, pizza dianggap sebagai makanan khas Italia. Ternyata, situs http://www.homemade-pizza-made-easy.com mengungkapkan bahwa anggapan itu keliru. Di situ terungkap bahwa sejarah pizza sudah diawali sejak zaman batu. Saat itu, manusia sudah terbiasa mengonsumsi roti. Dari roti yang ditambah beberapa ramuan itulah kemudian lahir makanan bernama pizza.

Roti yang sudah ditambah ramuan ini mulai ditemukan 8.500 tahun sebelum masehi. Cuma saat itu memang belum disebut sebagai pizza. Konon, penyebutan yang akhirnya sekarang kita kenal pizza itu bermula dari zaman Yunani kuno. Roti dengan ramuan yang ada saat itu disebut 'plakuntos'.

Roti dengan ramuan toping yang serupa plakuntos itu juga ditemukan lazim dikonsumsi masyarakat Persia dan Mediterania pada sekitar 500 tahun sebelum masehi. Di kedua wilayah tersebut, makanan yang sekarang kita kenal sebagai pizza itu biasa menjadi bekal para tentara saat berangkat perang.

Lalu mengapa kemudian pizza dianggap makanan khas Italia? Begini ceritanya. Dari masa ke masa, makanan tersebut mengalami perubahan. Pizza dengan topping saus tomat seperti kita kenal sekarang memang mulanya berkembang di wilayah Naples, Italia. Karena itulah kemudian pizza banyak diklaim sebagai makanan asli Italia.

Ditulis Oleh : Bayu Terserah // 21.25
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baiknya bila Anda memberi Komentar di Blog Saya, agar saya mengetahuai apa yang harus Saya perbaiki di Blog saya. Terima Kasih :)