Sabtu, 31 Maret 2012

Mengenal Asal-Muasal Obat Bius



Bius sudah menjadi bagian yang sangat akrab dalam setiap tindakan bedah pasien di rumah sakit. Tapi tahukah Anda bahwa perjalanan sejarah lahirnya bius sudah berlangsung sejak masa prasejarah? Ramuan herbal untuk bius bernama Poppy opium telah dikenal manusia sejak 4.200 tahun sebelum masehi di Kekaisaran Sumeria.

Tanaman ini pertama kali digunakan untuk membius tercatat mulai 1.500 tahun sebelum masehi dan dibudidayakan pertama kali di Siprus kira-kira 1.100 tahun sebelum masehi. Dari Siprus, opium yang menjadi bahan baku material pembius ini kemudian masuk Cina pada 1.200 sampai 600 tahun sebelum masehi, lalu ke India pada 330 tahun sebelum masehi. Pada abad kedua di Cina ada seorang dokter bernama Hua Tuo yang menggunakan ganja untuk membius pasien yang harus menjalani operasi perut.

Di Era Yunani dan Romawi kuno, Plinius dan Hippocrates juga tercatat sejarah telah menggunakan opium dan tanaman sejenisnya yang disebut solanum. Sedangkan di masyarakat Amerika, bius dilakukan dengan memanfaatkan tanaman koka (asal-muasal kokain). Saat itu, para dukun memanfaatkan daud koka dengan mengunyahnya, lalu disemburkan ke luka pasien.

Bius herbal ini telah digunakan berabad-abad oleh banyak bangsa. Barulah pada 1804 obat bius diramu lebih modern oleh apoteker Jerman bernama Friedrich Wilhelm. Dia menciptakan Morphium yang merupakan campuran dari morfin dan opium, sebagai obat bius. Memasuki tahun 1853, jarum suntik dikembangkan.

Berdasar catatan forme.co.il, bius oral dan inhalan (diisap) banyak dimanfaatkan pula oleh masyarakat Muslim. Di kalangan Muslim, obat bius ini juga telah dikenal sejak era kekaisaran. Kemudian di kedokteran Barat, bius inhalan ini juga banyak digunakan, seiring dengan perkembangan teknik bedah yang dipelopori Joseph Lister.

Ditulis Oleh : Bayu Terserah // 12.20
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baiknya bila Anda memberi Komentar di Blog Saya, agar saya mengetahuai apa yang harus Saya perbaiki di Blog saya. Terima Kasih :)